Tuesday, March 27, 2007

Jangan Makan Rumput Lagi!

mengakui ketidakmampuan diri terkadang bisa sangat menenangkan. mungkin awalnya memang mengecewakan mengakui pada orang lain bahwa diri kita tak sekuat kelihatannya. terlebih lagi pada diri sendiri, mengatakan bahwa kita tak bisa menjadi seperti yang kita angankan. namun sepertinya ini satu-satunya jalan membuat diri terbebas dari belenggu-belenggu yang menghimpit dan menyesakkan. bisa dikatakan di saat inilah kita sangat dekat dengan penyerahan diri untuk pelepasan yang seutuhnya.

ini bukan saat yang patut dibanggakan bagi Peri Hutan. kalau bisa, mungkin ia memilih lenyap ditelan bumi. biar Kurcaci Penabuh Genderang, dan orang-orang lain yang disayanginya tidak melihatnya terus mengulangi kebodohan yang sama : terkapar di padang ilalang, nyaris muntah-muntah karena kebanyakan menelan rumput yang pahit.

tapi ia sulit meninggalkannya, karena saat-saat seperti ini adalah saat yang paling hidup buat Peri Hutan. momen di mana ia bersentuhan dengan jiwanya dan merasa sangat damai. mungkin manusia memang butuh merasakan kepedihan untuk dapat mengecap kebahagiaan. dan berada di ambang kematian untuk menghargai kehidupan.

lagu Farewell/ Goodbye dari band M83 yang terus mengalun tak henti bagai kaset rusak melalui radio kecilnya masih setia menemani Peri Hutan yang tersungkur mencium tanah. tak kuasa untuk sekadar duduk manis menyender di batang pohon apel yang ada di belakangnya, apalagi untuk pulang dan berbaring di rumah pohonnya. Peri Hutan merasa begitu tolol. berulang kali kabur dari hutan bunga matahari, merepotkan banyak orang, dan bolak-balik makan rumput padahal ia sudah tahu rasanya pahit dan bisa saja mati kalau terlalu banyak memakannya.

semoga saja kali ini Peri Hutan kapok. ia harus menyadari suatu hal yang sangat penting, bahwa tak selamanya ia punya kesempatan untuk kembali menjadi nasi, ketika semua sudah melebur menjadi bubur.

kiss on the mouth/ bliss of a touch/ hand in a hand/ killing the fiend/ i'll write my love on more than a thousand weeping willows/ a walk on your voice/ so far, so close/ a whispering child/ so cold, so mild/ all the colors mixed up in falls of rainbows/ tears on your neck/ holding you near/ sparkling shells/ three comet tails/ hoping for some magic to make your heart beat next to mine/ shiny island/ blue underground/ my everyday/ is fading away/ i'm flying through the wind/ and whistling some strange melody/ hang on to me/ getting out of my corpse/ please don't leave me/ watching you from the clouds/ melancholy/ you'll join me soon my love/ feeling frozen/ i'll warm you everynight/ falling asleep/ i'll travel in your dreams
[M83 -- Farewell/ Goodbye]

No comments: